Tally Prime vs ZOHO Books: Inilah Perbandingan Lengkap Software Akuntansi Berbasis ERP dan Cloud-Based

Fitur

Tally Prime

Zoho Books

Software Type

Cloud-Based & On-Premise ERP

Fully Cloud-Based Software

Ideal Customer Size

Small, Medium, Large

Small, Medium, Large

Deployments

 

On-Premise Device (✓) 

Mobile Device  (x)

On-Premise Device (x)

Mobile Device (✓)

Pricing

Start from USD 630

Start from Free But has limited features

Training

In-person and online training are not available

Various Options for Training

Total Reviews

477 Reviews

1055 Reviews

 

Deskripsi Singkat

Tally Prime

TallyPrime adalah software manajemen bisnis komprehensif yang menyederhanakan operasi bisnis dengan mengintegrasikan berbagai fungsi seperti akuntansi, manajemen inventaris, perpajakan, penggajian, dan banyak lagi.Dengan lebih dari 400 laporan bisnis mendalam, pengguna dapat memperoleh pandangan holistik tentang bisnis mereka untuk pengambilan keputusan yang tepat.TallyPrime juga menawarkan fleksibilitas dalam manajemen faktur dan akuntansi, serta kemampuan untuk berbagi dokumen melalui WhatsApp.Selain itu, software ini memiliki modul untuk mendukung berbagai aspek bisnis, termasuk akuntansi, penjualan, manajemen arus kas, inventaris, dan penggajian.

ZOHO Books

Zoho Books adalah software akuntansi yang cocok untuk pelaku usaha UKM.Zoho Books menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pelaku usaha UKM dalam mengelola keuangan mereka, seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan pengelolaan pajak.Zoho Books juga menawarkan harga yang terjangkau, mulai dari gratis per bulan untuk paket Starter.Namun, Zoho Books tidak memiliki fitur untuk mengelola inventaris dan aset tetap serta pengguna melaporkan keterbatasan  micro task seperti kesulitan sinkronisasi dengan rekening bank dan laporan keuangan

 

Bagaimana Cara Menggunakannya ?

Tally Prime

TallyPrime dapat diunduh dari situs web Tally dan diinstal pada perangkat Windows. Pengguna dapat mengkonfigurasi detail perusahaan dalam aplikasi dan memanfaatkan pintasan keyboard untuk mengelola transaksi bisnis secara efisien.Selain itu, TallyPrime menawarkan kemampuan integrasi dengan sistem eksternal.Sejauh penelitian kami, ada 3 mitra resmi Tally Prime di Indonesia yang semuanya berlokasi di Jakarta.

ZOHO Books

Pengguna dapat menggunakan layanan produk Zoho Books dengan cara mendaftar di situs web Zoho Books dan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Setelah mendaftar, pengguna akan diarahkan untuk implementasi dan layanan lebih jauh dengan partner. Terdapat 4 mitra resmi di Indonesia yang tersebar di daerah Jakarta, Surabaya, dan Bali.

 

Siapa yang Paling Cocok Menggunakan ?

Tally Prime

Kami melihat segmen usaha kecil dan menengah sangat cocok untuk menggunakan software ini. Kami menilai TallyPrime cocok untuk segmen UKM akan tetapi perlu diperhatikan bahwa harganya yang mulai dari 9 juta rupiah secara lifetime mungkin kurang cocok untuk beberapa pelaku dan jenis usaha tertentu. selain itu paketnya juga  kurang fleksibel dan harus dibeli secara keseluruhan pada semua aktivitas bisnis seperti akuntansi, inventaris, penggajian, dan lain-lain.

Industri  yang cocok menggunakan Tally Prime:

- Bisnis dengan transaksi multi-mata uang: Seperti bisnis ekspor-impor atau bisnis yang beroperasi di beberapa negara.

- Bisnis dengan berbagai tingkat harga: Seperti grosir, pengecer, atau bisnis yang menawarkan diskon khusus untuk pelanggan tertentu.

- Bisnis yang membutuhkan fleksibilitas dalam proses akuntansi dan faktur: TallyPrime dapat disesuaikan dengan berbagai proses bisnis yang berbeda.

- Bisnis yang ingin menyederhanakan proses berbagi faktur dan pesanan: Fitur berbagi melalui WhatsApp dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dengan    pelanggan.

ZOHO Books

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pelaku usaha UKM cocok menggunakan Zoho Books:

- Harga yang terjangkau. Zoho Books menawarkan harga yang terjangkau, mulai dari gratis untuk paket Starter.

- Mudah digunakan. Zoho Books memiliki antarmuka yang mudah digunakan, sehingga pelaku usaha UKM dapat dengan mudah mengelola keuangan mereka.

- Fitur yang lengkap. Zoho Books menawarkan berbagai fitur yang dapat membantu pelaku usaha UKM dalam mengelola keuangan mereka, seperti pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan, dan pengelolaan pajak.

- Integrasi dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya. Zoho Books menawarkan berbagai fitur integrasi yang dapat memudahkan pelaku usaha UKM dalam menghubungkan Zoho Books dengan aplikasi bisnis lainnya, seperti Google Drive, Gmail, dan QuickBooks.

 

Berapa Harga dan Apa Saja Jenis Paketnya ?

Tally Pricing Plan

 

Catatan:

Terdapat 2 biaya yang timbul dari Tally yaitu berlangganan dan perpanjangan. Perpanjangan bernama paket Tally Software Service yang harus diperpanjang setiap setahun sekali dengan pilihan paket silver sebesar Rp 1.500 .000 dan paket gold Rp 5.600.000.

Zoho Books Pricing Plan

 

 

Apa Saja Fiturnya ?

 

Apa yang Para Pengguna Katakan mengenai Kedua Software Ini ?

Tally Prime

Kelebihan :

- Menghitung pajak secara otomatis

- Menangani perhitungan gaji yang kompleks

- Melindungi data sensitif

Kekurangan :

- Desain dan UI yang kurang ramah untuk sebagian orang

- Membutuhkan aplikasi seluler atau optimalisasi seluler

- Kurangnya dasbor dan grafik yang dapat disesuaikan

Zoho Books

Kelebihan : 

- Mudah digunakan dan dinavigasi

- Terjangkau

- Terintegrasi dengan produk Zoho lainnya

Kekurangan :

- Mungkin tidak cocok untuk perusahaan besar

- Kemampuan pelaporan terbatas

- Dukungan pelanggan yang seharusnya bisa ditingkatkan

 

Tunggu apalagi? Segera langganan ZOHO Books sekarang. Klik di sini