Mengapa ZOHO adalah Software Terbaik untuk Usaha Kecil-Menengah di Indonesia

Ada 2 hal yang harus dipertimbangkan ketika berbicara tentang solusi software untuk Usaha Kecil-Menengah.

1. Harga

2. Sulit untuk digunakan

Harga yang terlalu tinggi akan menyebabkan ROI rendah, dan software yang sulit digunakan akan menyebabkan ketidakefektifan penggunaan software yang akan menyebabkan hasil ouput rendah dan ROI pun menjadi rendah (lagi).

Perlu diingat, biaya berlangganan adalah 'sunk cost', yaitu biaya yang tidak akan pernah kembali tidak peduli Anda dapat mengoperasikan software tersebut atau tidak, penting untuk memilih solusi perangkat lunak yang sesuai dengan kebutuhan dan juga anggaran Anda.

Pada artikel ini kami akan membahas software yang cukup populer untuk kalangan usaha kecil-menengah yaitu ZOHO, dan mengapa ZOHO sangat cocok untuk bisnis kecil-menengah khususnya di Indonesia.

 

1.Harga

Banyak software zoho yang memiliki pricing plan dengan harga kompeititf. Berikut adalah Software ZOHO yang paling diminati dengan starter pricing plannya:

Aplikasi
Harga
ZOHO CRM Rp. 190K/Bulan
ZOHO Books Rp. 0K/Bulan
ZOHO Bigin Rp. 0K/Bulan
ZOHO Inventory Rp. 400K/Bulan
ZOHO Desk Rp. 190K/Bulan

 

2. Ramah untuk Pemula

Zoho sangat ramah untuk pemula. Software ini menawarkan fitur-fitur yang mudah digunakan, sehingga Anda tidak perlu memiliki pengalaman teknis khusus untuk menggunakan Zoho. Dengan demikian, Anda dapat fokus pada bisnis Anda dan meningkatkan produktivitas Anda.

 

3. Skalabilitas yang Mumpuni

Zoho juga menawarkan skalabilitas yang mumpuni. Artinya, Anda dapat meningkatkan atau menurunkan kapasitas aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya anda berlangganan paket berlangganan 'professional' dan saat di tengah perjalanan anda mengalami permasalahan arus kas anda dapat dengan leluasa menurunkan paket berlangganan ke mode 'basic'. Begitupun sebaliknya apabila usaha anda sedang berkembang pesat dan membutuhkan kredit dan kapasitas berlangganan yang lebih banyak, anda dapat dengan bebas memilih add-ons atau meningkatkan paket berlangganan.Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika bisnis Anda berkembang pesat atau mengalami penurunan.

 

4. Integrasi yang Luas

Integrasi terhadap aplikasi pihak ketiga terkadang menjadi pertimbangan sebagian pengguna. Dikarenakan, keterbatasan integrasi akan membuat kesulitan transisi data, kurangnya penguasaan aplikasi akan membuat output kurang masimal, dll. Selain itu dengan adanya integrasi yang luas memberikan kemudahan anda dalam memakai berbagai platform sekaligus.. Contohnya, jika anda menggunakan ZOHO One maka anda secara otomatis dapat mengintegrasikan 40+ aplikasi bisnis dalam satu platform.

 

5. Sertifikasi Kemanan yang Terjamin

Zoho juga menawarkan sertifikasi kemanan yang terjamin.Dengan memiliki lebih dari 20 sertifikasi kemanan dari berbagai lembaga penilai terkemuka seperti GDPR, AICPA SOC, dan BSI. Hal ini juga didukung dengan bukti nyata bahwa ZOHO tidak pernah menjual data pelanggan dan memasang iklan bahkan di paket berlangganan gratis sekalipun. Hal ini menjadi bukti kuat bahwa data Anda aman dan terlindungi. Sehingga dapat dikatakan Zoho telah memenuhi standar kemanan yang tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data Anda.

 

6. Dukungan Mitra Lokal di Indonesia

Zoho juga menawarkan dukungan mitra lokal di Indonesia. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan bantuan dan dukungan yang lebih efektif dan efisien. Mitra lokal Zoho di Indonesia dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah yang Anda hadapi dan meningkatkan penggunaandari aplikasi Zoho. Salah satu mitra zoho terkemuka di Indonesia yaitu PT. Indo Krisna Teknologi yang berpengalaman dalam implementasi Zoho books, CRM, One, Workplace, Payroll, Bigin, dan masih banyak lagi.

 

Kesimpulan

ZOHO adalah software terbaik untuk Usaha Kecil-Menengah karena memiliki harga yang kompetitif, ramah untuk pemula, skalabilitas yang mumpuni, integrasi yang luas, sertifikasi kemanan yang terjamin, dan dukungan mitra lokal di Indonesia. ZOHO menawarkan berbagai aplikasi yang dapat membantu UMKM dalam mengelola bisnis mereka, seperti CRM, Books, Bigin, Inventory, dan Desk. Dengan demikian, UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis mereka khsusnya bagi Indonesia dengan populasi UMKM yang sangat banyak.

Jika Anda ingin konsultasi lebih lanjut tentang ZOHO dan bagaimana software ini dapat membantu bisnis Anda, silakan hubungi kami melalui dengan klik di sini. Kami siap membantu Anda dalam mengatasi masalah yang Anda hadapi pada bisnis dan meningkatkan penggunaan ZOHO pada bisnis anda.